Rabu, 28 Desember 2011

MENGAPA LEBIH SUKA JAM VINTAGE DIBANDING JAM BARU

Wah sudah lama sekali saya tidak sempat update blog watchpervert ini! Sampai saya hampir lupa alamat blog saya sendiri berikut passwordnya! Saking lama-nya tidak di update, saya rasa yang lihat blog ini cuma saya sendiri nih! Tapi gak masalah juga sih. Nah kali ini saya ingin bahas cara pandang saya (dan mungkin sebagian pecinta jam vintage mengenai MENGAPA LEBIH SUKA KOLEKSI JAM VINTAGE DARIPADA JAM BARU:

                       CASIO GS-16 tahun 1987 nostalgia waktu SD (tidak dijual)


1.       JAM VINTAGE LEBIH ABADI DARI JAM BARU
Maksudnya gini, kalau orang beli jam baru, begitu dia keluar dari toko jam tersebut, jam itu sudah bukan jam baru lagi tapi menjadi jam bekas/second hand. Otomatis harganya adalah harga jam bekas/second hand.  Kalau kita beli jam vintage, seiring berjalan waktu, jam tersebut SEMAKIN VINTAGE. Ibarat wine, semakin langka dan bermutu. Harga juga biasanya naik, karena jam vintage sudah tidak diproduksi lagi!
2.       JAM VINTAGE LEBIH COOL DAN GAK PASARAN
Lebih cool pastinya….. karena carinya aja susah, perlu research dan belajar2 dulu. Saya dengar kurang dari 1% manusia yang hobby nya jam, pada umumnya orang beli jam hanya sekedar untuk penunjuk waktu. Nah dari 1% yang hobby jam, yang hobby vintage mungkin kurang dari 5%. Jadi mungkin hanya 0.05% orang yang hobby vintage! Jadi silahkan pilih sendiri, mau pakai jam baru yang kalo nengok kiri kanan kok ada om2 gendut yang tidak fashionable pakai jam yang sama juga, atau mau beda sendiri?
Orang asal punya duit, mau beli jam baru gampang, tinggal masuk toko atau browsing internet, perlu waktu 1 jam untuk mendapatkan jam baru tersebut. Kalau jam vintage? Ya saya ada Seikomatic tahun 1963, kondisi bagus sekali, jarum tombak. Kalau Bill Gates mau beli jam ini dengan harga 100jt saya tidak mau lepas tuh, karena di hidup ini kan bukan sekedar uang uang dan uang, tapi ada kepuasan mendalam jika memiliki jam vintage tertentu! Sering sekali ada uang tidak ada barang!


                            Seikomatic tahun 1963, kondisi TOP BGT (tidak dijual)
Salah satu bukti jam vintage masih cool dan relevant secara design:
1.       Beberapa jenis Patek dan Rolex, design nya tidak banyak berubah dari awal diciptakan
2.       Beberapa brand jam ternama mengeluarkan “heritage model” yaitu jam2 baru yang modelnya mirip2 dengan jam vintage nya: Tissot dengan Tissot Heritage, Tudor dengan Monte Carlo Re-edition, Tag Heuer dengan Silverstone dan Monaco re-edition, Zenith dgn El Primero, IWC dengan vintage collection, Breitling dgn Chronomaticnya dan Transocean, Omega dengan PloProf, dll dll dll.


                                             Rolex 1803 thn 70an (tidak dijual)

3.       JAM VINTAGE LEBIH MURAH UNTUK MODEL TERTENTU
Misalnya Rolex Daydate atau Datejust, yang sebenarnya design nya masih sangat mirip dengan Daydate / Datejust sekarang, harganya untuk vintage ref. 1803 / ref. 1601 jauh di bawah barunya. Padahal sekilas juga modelnya mirip2, bedanya versi vintage nya “lebih ada cerita”. Sudah lebih cool, lebih gak pasaran, lebih abadi, lebih murah lagi! Gile kan.


                                             Omega Speedmaster cal 321 thn 60an (tidak dijual)

4.       JAM VINTAGE LEBIH ADA CERITANYA
Terakhir, seperti kata pepatah terkenal:
“A watch shouldn’t just tell the time, it should tell a story” 

yang artinya kira2 yah:

“Suatu jam jangan cuma sebagai penunjuk waktu, tapi harus bias bercerita”.

Kalau beli jam baru paling ceritanya gini:
“Ini kebetulan gua ada duit lebih, jadi gua pergi ke TimePlace, liat Rolexnya, trus sreg sama Daytona steel dial item, trus gua beli deh” udah???? Gitu doaaaaaaaaaang?????
Dimana kalo jam vintage, bisa ada cerita seperti ini (misalnya):
“Oh jam Speedmaster gua ini model dan mesinnya sama dengan yang dipake Buzz Aldrin waktu mendarat di bulan. Bahkan kalau diliat dari angka serialnya, diproduksi di tahun yang sama. Gua denger 1 speedmasternya Neil Armstrong gak dipake waktu dia jalan di bulan, karena itu ditinggal di cockpit untuk mengukur waktu karena ada instrument jam di cockpit yang rusak. Bedanya speedmaster gua ini dial nya udah berubah jadi coklat karena usia”
Gimana menurut pembaca yang budiman? Mana lebih keren? Pilihan di tangan anda.
Oh ya, by the way, dengan membaca artikel ini, SAYA SANGAT TIDAK BERHARAP bahwa pembaca yang suka jam baru jadi beralih ke jam vintage. JANGAN! Karena jam vintage supplynya terbatas, kalau Anda2 semua pindah menjadi pencinta jam vintage, otomatis demand naik. Supply terbatas, demand naik, secara hukum ekonomi harga akan naik. Itu sangat tidak baik untuk SAYA.

                        Rolex GMT Master 1675 "RootBeer" thn 70an (tidak dijual)
       difoto hari ini, Rabu 28 Desember 2011. Apakah artikel ini merubah hidup anda? :)
Jadi silahkan beli jam baru terus, KEREN BANGET GILAAAA!!!! COOL!! MANTAPPSSS!!

Ini ceritaku, apa cerita mu? :)

1 komentar: