Minggu, 03 Oktober 2010

Pengalaman: DIOMELIN PEDAGANG JAM GAJAH MADA PLAZA

Kira2 6 bulan yang lalu, saya survey-survey jam di Gajah Mada Plaza, sekalian ingin membuktikan apakah benar pepatah terkenal yg berbunyi:
“99% pedagang jam tukang tipu, 1% sisanya lagi belajar nipu”.
Caranya, saya sengaja tanya ke para pedagang, mengenai jam vintage yang jelas-jelas parts nya udah diganti dengan yang aftermarket atau dengan parts ori tapi bukan untuk jam itu. Ternyata sebagian besar bilang bahwa parts2 tersebut original, atau “ngeles” dengan classicnya “udah bawaan dari sono nya kok”.
Rolex ref. 1016, parts yang asli dari foto ini hanya pemandangannya aja

Ini belum membuktikan apa-apa karena mungkin saja mereka memang tidak tahu seluk beluk jam vintage, karena memang tidak spesialis menjual jam vintage. Hanya kaum Watch Pervert saja yang peduli hal hal kecil seperti warna tulisan tachymeter harus silver atau gold lah, font di bezel harus font tertentu lah, bentuk logo di caseback harus tertentu lah, dll dll & dll.
Toh saya juga menemukan pedagang/kolektor yang berusaha menjelaskan dengan gamblang dan jujur arloji yang dijualnya. Jadi pepatah tersebut belum tuntas terbukti juga.
Karena tidak ada barang yg menarik, tapi gatel mau belanja sesuatu, saya tertarik pada buku hardcover thn 80-an yang berisi banyak foto Vintage Rolex di salah satu toko jam tsb.
Kira-kira seperti ini, tapi tidak sebagus ini, halaman2nya udah koyak dan kuning, sepertinya      pernah ketumpahan bumbu mpek-mpek atau tahu gejrot.
     “Ini dijual gak? Berapa Koh harganya? Kata saya
     “Loe buka aja harga…” kata si engkoh
     “Sapekceng OK? “ maksud saya Rp 300,000
     “Sapekceng loe gede amat !” jawab si engkoh dengan nada kesal.
Hari itu saya pulang dengan tangan hampa.

6 bulan kemudian…..
Nah baru2 ini, saya survey2 ke Gajah Mada Plaza lagi, gak keliatan barang menarik lagi, dan gatel lagi mau belanja. Teringatlah saya dengan buku tersebut. Saya masuk lagi ke toko itu:
     “Om, inget gak saya dulu pernah tanya buku rolex vintage nya? Masih mau jual? Berapa harganya?” Tanya saya
     “Inget…… Loe mau beli? 5 juta gimana?” kata si Engkoh
Saya pikir ini mahal banget ya, apa buku kalo vintage juga harganya naik seperti jam? Apalagi halaman nya udah kuning2 seperti “tropical dial” dan agak robek2 seperti casing yang agak baret2… Jadi saya coba tawar.
     “Gopekceng deh ya?” saya tawar Rp 500,000 dengan harapan “ketemu” di 600-700rb. Eh ternyata tawaran saya ini sangat menyinggung pedagang jam tersebut.         
     “Loe pikir gua butuh duit apa mau jual buku Rp 500,000? Gua bayar uang sewa aja setahun udah ratusan juta !!!!” kata si Engkoh dengan nada dan muka kesel.
                             Kira-kira seperti ini ekspresi si "engkoh", tapi lebih ganteng
     “Om sorry, saya beneran tidak bermaksud menyinggung perasaan Om…, kan wajar pembeli mau harga sebaik mungkin… Sorry yah Om…” begitu kata saya
     “Emangnya gua kenal tante loe? Ngapain panggil gua “Om” segala…” jawab si engkoh.
                        Kira-kira begini ekspresi bingung saya, tapi lebih ganteng

Akhirnya saya keluar dari toko itu dengan dua pelajaran berharga:
-        Cara pandang orang berbeda-beda: saya merasa harga Rp 500,000 itu adalah tawaran yang wajar, karena buku baru hardcover dgn kondisi super mint dgn tebal yang sama kira2 harganya Rp 800,000. Jadi wajar dong kalau saya tawar Rp 500,000 buku yang kondisinya sudah kurang bagus? Tapi ternyata menurut dia tidak begitu.

-        Jangan panggil pedagang jam “Om” dia akan merasa tua dan mood nya bisa menjadi jelek dan gampang tersinggung. Saya memang kebiasaan dari kecil panggil org yang lebih tua dari saya “Om”, sampai sekarang saya suka lupa bahwa saya sendiri sudah berumur juga walau masih kekanak-kanakan (mungkin ini rahasia awet muda, suka lupa umur) jadi kadang masih suka manggil org yg lebih tua sedikit dari saya dengan “Om” juga.
Saya diomelin 2x untuk mendapatkan pelajaran berharga di atas. Anda tentu tinggal mencatat pelajaran2 penting ini, tanpa perlu ikut diomelin.
Akhir2 ini, supaya lebih dewasa, saya jadi sering minum yg di bawah ini:
                                        Bandrek UNTUK DEWASA, badan jadi anget dan berwibawa
Ternyata cukup manjur, saya merasa lebih dewasa. Dan ternyata inilah efek sampingnya….(yang jual tidak bilang ada efek samping)

3 komentar: